Selasa, 10 Maret 2009

mengakses NOAA


NOAA ( National Oceanic Atmosferic Administration ) adalah badan di bawah Departemen Perdagangan/Departemen of Commerce, yang tujuannya antara lain mendukung usaha peningkatan keamanan nasional Amerika Serikat dan usaha yang sifatnya ekonomi dengan cara memberikan prediksi dan penelitian yang berkaitan dengan cuaca, iklim serta memberikan data yang berkaitan dengan kondisi lingkungan dan sumber daya alam.
Stasiun Bumi NOAA adalah sistem stasiun bumi satelit polar untuk keperluan akuisisi, pengarsipan, dan pengolahan data NOAA. NOAA aadlah seri satelit meteorologi polar yang memiliki sejarah operasional sangat panjang. Pada tahun-tahun mendatang, operasi misi NOAA akan diteruskan oleh satelit polar Eropa MetOp yang akan didukung dengan perangkat lunak pengolah data yang terbakukan secara internasional, AAPP.
Pengembangan sistem penerima NOAA di Lapan telah memasukkan skema perubahan tersebut dengan menyesuaikan format produk data baku yang dihasilkannya kepada format data input yang dapat diterima oleh AAPP.
Pengembangan stasiun bumi penerima data NOAA/METOP dikembangkan tahun 2007 dengan komponen :
Sistem antena Dundee (ΓΈ 2.4 m disk antena, antena control unit, GPS, S/W orbit predicts, antena control)
Feeder L band, LNA Down Converter (Quorum)
Receiver (Quorum)
Komputer Ingest (S/W Ingest pengembangan sendiri)
Server (S/W opencource pengolahan data cygwin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar